Review Buku Do What Matters Most

Berikut merupakan ringkasan intisari dari buku Do What Matters Most Karya Rob Shallenberger & Steve Shallenberger.
Angger Wicaksana
Ringkasan Buku Do What Matters Most

Buku Do What Matters Most: Lead with a Vision, Manage with a Plan, and Prioritize Your Time adalah buku yang berisi tentang bagaimana kamu dapat meningkatkan kualitas hidup kamu dengan menempatkan prioritas kamu pada hal-hal yang benar-benar penting.

Dalam buku ini, Allen membahas beberapa topik yang sangat penting, seperti bagaimana cara mengelola waktu dengan baik, bagaimana cara membuat keputusan yang tepat dalam hidup, dan bagaimana cara mencapai tujuan dengan cara yang efektif.

Buku ini juga mengajarkan kepada pembaca bagaimana cara mengelola stres dan menemukan keseimbangan dalam hidup mereka.

Berfokus pada hal yang benar memungkinkan kamu membuat kemajuan nyata

Tidak ada satu orang pun di planet ini yang tidak ingin melakukan yang terbaik dari kemampuan mereka. Semua orang ingin maju menuju tujuan mereka sambil menandai semua item di daftar tugas mereka.

Saat kamu produktif, kamu merasa baik;  kamu memiliki rasa pencapaian, dan kamu merasa seperti sedang bergerak maju. kamu jauh lebih mungkin untuk menunda-nunda ketika kamu terjebak dengan daftar panjang hal yang harus dilakukan. Itu mengarah pada perasaan terjebak, hampir seolah-olah kamu setinggi lutut di pasir hisap.

Satu-satunya cara terbaik untuk menghindari situasi ini adalah memastikan bahwa kamu memfokuskan waktu kamu pada hal-hal yang penting. Jangan terganggu oleh hal-hal yang tidak terlalu penting, dan jangan biarkan diri kamu menjadi begitu teralihkan sehingga sesuatu yang seharusnya memakan waktu setengah jam membutuhkan waktu tiga jam.

Dengan memprioritaskan hal-hal dalam hidup yang penting, kamu akan bergerak ke arah yang benar. Selama beberapa tahun terakhir, ini menjadi lebih penting ketika pandemi COVID-19 melkamu.

Rencana berlayar keluar dari jendela, dan orang-orang harus bekerja dengan cara yang sama sekali asing bagi mereka. Tetapi, ketika kamu memprioritaskan dan membiarkan diri kamu membuat kemajuan, kamu lebih fleksibel dalam pendekatan kamu, dan kamu dapat berguling dengan pukulan hidup.

Don’t fall for procrastination’s false claims. Putting things off until tomorrow may make today easier, but the next day will be much harder.

Tidak diragukan lagi, memprioritaskan membuat kamu menjadi orang yang lebih produktif, tetapi untuk bisnis, memiliki pemimpin yang tahu bagaimana memprioritaskan juga mempengaruhi kesuksesan mereka.

Produktivitas berarti keuntungan. Itulah yang diinginkan setiap bisnis. Masalah? Kebanyakan orang tidak tahu harus mulai dari mana.

Kamu akan mempelajari tiga rahasia untuk menjadi orang yang lebih produktif dalam ringkasan ini. Dengan mengikuti saran Rob & Steve Shallenberger, kamu akan memahami bagaimana memprioritaskan waktu kamu secara efektif, dengan fokus pada semua peran yang perlu kamu penuhi dalam hidup.

Dengan begitu, kamu dapat membuat kemajuan menuju tujuan kamu yang lebih besar dan menjadi orang yang lebih produktif secara keseluruhan. Lagi pula, kita semua ingin mencapai tujuan kita, bukan? Dengan membuat langkah kecil ke arah mereka, kamu tidak akan berpikir, "bagaimana jika."

Visi, tujuan, dan kemampuan untuk merencanakan adalah semua yang kamu butuhkan untuk bergerak menuju produktivitas.

Rob & Steve Shallenberger menghabiskan waktu puluhan tahun untuk meneliti para pemimpin bisnis dan bagaimana kinerja mereka.

Penelitian mereka mengajari mereka bahwa sebagian besar pemimpin fokus pada hal-hal yang salah, dan tugas-tugas yang lebih penting dari apa pun cenderung diabaikan atau tidak memiliki cukup waktu yang didedikasikan untuk mereka.

Penelitian ini menghasilkan buku pertama mereka, Menjadi Yang Terbaik: 12 Prinsip Pemimpin yang Sangat Sukses. Tapi mereka tidak ingin berhenti di situ.

Kamu tidak harus menjadi pemimpin bisnis untuk ingin menjadi produktif. Benar-benar siapa pun dapat menggunakan tiga strategi yang terkandung dalam ringkasan ini. Sementara para pemimpin bisnis dapat mempengaruhi karyawan mereka dengan menjadi lebih baik dengan keterampilan manajemen waktu mereka sendiri, mengetahui bagaimana menjadi produktif akan sangat membantu semua orang.

Tiga langkah menuju peningkatan produktivitas 30-50% meliputi:

  • Mengembangkan visi pribadi kamu.
  • Mengidentifikasi dan menetapkan tujuan untuk setiap peran hidup kamu.
  • Perencanaan yang efektif untuk setiap minggu.

Visi kamu sangat penting karena memotivasi kamu untuk terus berjalan dan memungkinkan kamu untuk tetap berada di jalur yang benar. Namun, kebanyakan orang bingung tentang apa visi mereka.

Mereka tahu mereka ingin bergerak maju, tetapi mereka tidak yakin ke mana atau untuk apa. Apa yang ingin kamu capai? Untuk apa kamu melakukan semua ini? Ini adalah pertanyaan penting untuk ditanyakan pada diri sendiri.

Feeling overwhelmed with the number of tasks you need to complete can lead to stress and anxiety.

Tidak hanya itu, kamu juga harus menyadari bahwa kamu tidak memiliki satu peran pun dalam hidup. Setiap orang memakai banyak topi yang berbeda untuk menavigasi sepanjang hari. kamu mungkin orang tua, putra/putri, teman, pemimpin, karyawan, mentor - daftarnya terus berlanjut.

Semua peran ini penting, dan kamu tidak boleh mengorbankan satu atau lebih untuk menjadi produktif di peran lain. Ini adalah sesuatu yang dilakukan terlalu banyak orang, dan itulah sebabnya banyak yang memiliki masalah signifikan dengan keseimbangan rumah dan kehidupan kerja.

Sangat penting untuk menjadi produktif di semua bidang kehidupan kamu, memastikan bahwa kamu bekerja selaras dengan tujuan kamu. Dengan mengurangi tujuan kamu secara keseluruhan, kamu membangun kehidupan yang lebih baik. Tetapi dengan membiarkan produktivitas bertahan, kamu tidak bergerak sama sekali.

Tahukah kamu? 67% karyawan Amerika mengklaim bahwa keseimbangan rumah dan kehidupan kerja mereka meningkat secara besar-besaran setelah memilih untuk bekerja dari jarak jauh, daripada pergi bekerja setiap hari, klaim penelitian Sidik Jari untuk Sukses.

Terlalu banyak bekerja bukanlah sesuatu yang bisa dibanggakan

Ada lencana positif palsu yang dilampirkan karena terlalu banyak bekerja. Masyarakat menganggapnya dapat diterima dan baik ketika kita bekerja terlalu banyak untuk beberapa alasan. Tetapi kamu harus memiliki keseimbangan yang seimbang antara rumah dan pekerjaan untuk menjadi sehat dan bahagia dalam hidup kamu. Terlalu banyak bekerja juga memiliki kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan.

Pernahkah kamu mendengar tentang kejenuhan tugas? Ini berarti bahwa kamu hanya memiliki terlalu banyak pekerjaan dan tidak cukup waktu untuk melakukannya. kamu mungkin tidak memiliki sumber daya, membuat tugas sepuluh kali lebih sulit. Dalam situasi ini, kamu stres, terlalu banyak bekerja, dan kamu akan semakin sulit berkonsentrasi.

Workplace stress leads to poor health, an increased risk of depression and anxiety, and low productivity.

Bekerja untuk mengalihkan perhatian bukanlah sesuatu yang bisa dibanggakan. Itu tidak membuat kamu terlihat lebih baik di mata manajer kamu, dan itu juga tidak akan mempengaruhi kesehatan atau produktivitas kamu.

Tidak mungkin bekerja dengan kemampuan terbaik kamu saat kamu stres;  jika ada, kamu cenderung membuat kesalahan dan berakhir dengan konflik di tempat kerja. Yang benar adalah: kamu memiliki jumlah jam tertentu dalam sehari, dan jauh lebih baik untuk mempelajari cara menggunakannya secara efektif daripada mencoba mendorongnya terlalu banyak sehingga kamu melanggarnya.

Kunci untuk menghindari jenis lencana 'bahagia dan terlalu banyak bekerja' yang tampaknya dihargai oleh bisnis ini adalah mengubah pola pikir kamu.

Daripada mencoba melakukan sebanyak mungkin, belajarlah untuk fokus pada hal-hal yang paling penting dan disiplinkan diri kamu untuk mencapai hal-hal itu secara konsisten. Ini tentang menjadi disengaja setiap hari daripada reaksioner. kamu membiarkan diri kamu untuk merencanakan jadwal kamu dan menaatinya, daripada membiarkan jadwal kamu mendikte hidup kamu dan perasaan kamu dari hari ke hari.

Visi pribadi kamu adalah seberkas cahaya dalam kegelapan

Kebanyakan orang memiliki gambaran umum tentang apa yang ingin mereka capai dalam hidup, tetapi mereka tidak fokus pada hal itu sampai benar-benar membuat kemajuan. Sebaliknya, mereka membiarkan diri mereka hanyut dalam hidup, tidak pernah benar-benar mencapai hal-hal yang mereka impikan.

Langkah pertama untuk menjadi lebih produktif berarti mengidentifikasi visi pribadi kamu dan memvisualisasikannya sejelas mungkin.

Ketika kamu melihat orang-orang paling sukses dalam sejarah, mereka semua memiliki visi yang jelas. Kita berbicara tentang orang-orang seperti Gandhi, George Washington, dan Martin Luther King Jr.

Mereka semua tahu apa yang mereka inginkan, mengidentifikasi satu hal yang berarti bagi mereka, dan mengikuti visi itu dalam segala hal yang mereka lakukan. Itulah yang perlu kamu lakukan. Kamu mungkin tidak memiliki visi untuk mengubah dunia, tetapi itu tidak masalah. Apa pun itu, itu harus penting bagi kamu.

Your personal vision does not have to change the world; it just has to change your world.

Visi kamu akan memberi kamu arah dan tujuan. Kapan pun kamu merasa seperti sedang menunda-nunda, kamu dapat menarik visi kamu ke depan pikiran kamu dan mendapatkan motivasi untuk mengatasinya. Visi juga dapat membantu mengikat tim bersama dalam bisnis, bekerja menuju tujuan bersama.

Untuk mengidentifikasi visi kamu, kamu perlu duduk dan membiarkan imajinasi kamu mengembara. Pikirkan baik-baik tentang apa yang penting bagi kamu dalam hidup dan pekerjaan kamu.

Kamu dapat memiliki visi untuk semua peran kamu yang berbeda, baik itu orang tua, guru, karyawan, atau teman. Cari tahu apa yang penting bagi kamu untuk masing-masing dan identifikasi visi kamu dari sana.

Your vision is personal to you. You can seek advice from those around you, but it has to be extremely meaningful to you.

Kamu harus bertujuan untuk menjadi produktif dalam setiap peran yang kamu miliki dalam hidup

kamu bisa sukses di tempat kerja tetapi memiliki hubungan yang buruk dengan pasangan kamu. kamu dapat memiliki kehidupan rumah yang indah tetapi berjuang di tempat kerja. 

Kunci produktivitas tertinggi adalah melakukannya dengan baik di semua bidang kehidupan kamu. Itu tidak berarti menjadi sempurna atau mencapai 100%;  itu berarti melakukan yang terbaik yang kamu bisa. Ini tidak sesulit kedengarannya;  kamu hanya perlu mengidentifikasi peran dalam hidup kamu dan menetapkan tujuan untuk masing-masing peran.

Sangat mudah untuk kehilangan arah ketika kamu tidak memiliki tujuan apa pun dalam hidup. Seolah-olah kamu kehilangan sinyal GPS, dan tidak ada peta yang terlihat. kamu meraba-raba dalam kegelapan, tanpa tahu ke mana kamu pergi.

Goals help you make progress, but they also allow you to achieve the things you want.

Mengidentifikasi tujuan kamu membutuhkan pemikiran yang mendalam. Tanyakan pada diri kamu apa yang ingin kamu capai dalam 12 bulan mendatang, dalam kehidupan pribadi dan pekerjaan kamu. Kemudian, tanyakan pada diri kamu bagaimana kamu dapat mengelola kemajuan yang kamu buat di semua bidang kehidupan kamu.

Pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan kamu untuk mulai mengidentifikasi prioritas kamu, dan kamu harus meluangkan waktu untuk hal ini karena begitu kamu menetapkan tujuan, kamu harus tetap menggunakannya dan bekerja tanpa lelah untuk mencapainya selama periode waktu tertentu. Latihan pencarian jiwa ini juga berarti bahwa kamu tidak memikirkan apa yang tidak dapat kamu lakukan;  kamu sedang memikirkan hal-hal yang dapat kamu lakukan.

Action without planning is wishful thinking.

Kamu harus melalui prosedur penetapan tujuan untuk setiap peran penting kamu dalam hidup, dengan memperhatikan visi kamu. Tujuan kamu harus sejalan dengan visi kamu untuk setiap peran. Kemudian, kamu mulai menetapkan tujuan kamu!  Pastikan mereka SMART, yang berarti mereka:

  • Spesifik.
  • Terukur.
  • Dapat dicapai.
  • Relevan.
  • Waktu tertentu.

Setelah kamu menetapkan tujuan, pastikan kamu memberi tahu orang-orang tentangnya, saat kamu menetapkan akuntabilitas, sehingga kemungkinan besar kamu akan mematuhinya dan membuat kemajuan. Selain itu, pastikan kamu menuliskan tujuan kamu dan mempostingnya di suatu tempat yang dapat kamu lihat sebagai pengingat rutin.

Seni perencanaan mengambil tujuan kamu dan menjadikannya kenyataan

Banyak orang menghindari perencanaan. Mereka berasumsi bahwa menjadi terlalu kaku berarti tidak ada ruang untuk spontanitas, tetapi perencanaan tidak berarti kamu harus memperhitungkan setiap detik hari itu. Sebaliknya, perencanaan memungkinkan kamu untuk fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dan menandainya dari daftar kamu.

Rob Shallenberger & Steve Shallenberger menyarankan kamu mencoba perencanaan pra-minggu;  sebelum minggu dimulai, duduklah dan cari tahu apa yang kamu butuhkan untuk mencapai minggu itu. Dengan melakukan ini, kamu tidak memukul dan berharap, dan kamu tidak terbang dengan kursi celana kamu. Sebaliknya, kamu memiliki arah, dan kamu dapat mengendalikan minggu kamu dan mengarahkannya ke tempat yang kamu inginkan.

When it comes to performance and productivity, pre-week planning is the keystone (the most important stone in an arch); pre-week planning is what drives the vision and goals to become a reality.

Perencanaan mungkin tampak aneh atau sulit pada awalnya, tetapi akan menjadi lebih mudah semakin kamu melakukannya.

Apakah kamu memilih buku harian atau aplikasi, itu tidak masalah;  ini adalah proses pribadi yang dapat kamu sesuaikan dengan kamu. Namun, ketika melakukan perencanaan pra-minggu kamu, pastikan bahwa apa pun yang kamu tambahkan ke minggu kamu selaras dengan visi dan tujuan kamu.

Kamu tidak perlu mengambil langkah signifikan menuju tujuan kamu setiap minggu;  beberapa minggu, itu akan menjadi langkah kecil, dan beberapa minggu itu akan menjadi nol kemajuan sama sekali. Tidak apa-apa.

Planning will give you a keen sense of control over your time, increasing your confidence and reducing the chances of procrastination.

Identifikasi antara lima hingga tujuh peran yang perlu kamu penuhi minggu itu, baik sebagai karyawan, orang tua, putra, atau putri. Kemudian rencanakan minggu kamu untuk masing-masing peran tersebut. Jadi, jika kamu perlu membawa anak kamu ke dokter gigi pada hari Rabu, itulah yang kamu tambahkan pada hari Rabu untuk peran itu.

Jika kamu mengadakan rapat Zoom dengan klien pada hari Kamis, tambahkan itu ke dalam rencana kamu dalam peran kamu sebagai karyawan. Mungkin ide yang baik untuk membuat kolom vertikal di sepanjang bagian atas perencana kamu dan hari-hari di samping untuk melihat semua peran kamu dengan jelas.

Untuk sisa minggu ini, pilih poin tindakan untuk setiap peran yang kamu butuhkan dan lakukanlah!

Kesimpulan

Do What Matters Most mengajarkan kamu bahwa dengan memprioritaskan secara efektif, kamu mengambil kendali dan mengarahkannya ke mana pun kamu ingin mereka pergi.

Kamu dapat meluncur, khawatir tentang bagaimana kamu tidak mengenai target kamu, atau kamu dapat mengambil kendali. Tetapi kamu hanya memiliki jumlah jam tertentu dalam sehari, jadi apa yang kamu lakukan dengan mereka penting.

Memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin kamu capai dalam jangka panjang menghentikan kamu dari kikuk dari satu bencana ke bencana berikutnya. Itu masalah umum dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi berkali-kali.

Waktu bergerak cepat, dan sebelum kamu menyadarinya, kamu belum mencapai apa pun, atau kamu benar-benar keluar jalur. Mengidentifikasi visi kamu dan menjaganya tetap dekat dengan hati kamu berarti kamu akan selalu berada di jalan yang benar apa pun yang kamu lakukan.

Tentu saja, tujuan juga membantu dalam hal itu, tetapi penting untuk diingat bahwa kita semua memiliki peran yang berbeda dalam hidup kita. Jangan bekerja terlalu banyak dan mengabaikan kehidupan rumah tangga kamu, tetapi sama halnya, jangan fokus pada kesenangan sepenuhnya dan hindari bekerja!  Ini tentang keseimbangan, dan itulah yang akan diberikan prioritas kepada kamu.

Jumlah ketenangan dan kendali yang akan kamu rasakan dari merencanakan waktu kamu akan membuat kamu bertanya-tanya mengapa kamu tidak melakukannya sebelumnya. Ini kebalikan dari bagaimana rasanya ketika kamu memiliki sejuta pekerjaan di daftar tugas kamu, dan kamu sedang menuju penundaan. Situasi itu terasa luar biasa. Perencanaan membuat kamu merasa tenang dan benar-benar memegang kendali.

Ingatlah bahwa terlalu banyak bekerja dan stres bukanlah hal yang normal. Kita sering mempercayainya, tetapi kenyataannya sangat berbeda.

 Coba ini

  • Pikirkan baik-baik tentang hal-hal yang paling berarti dalam hidup kamu. Apa yang ingin kamu capai? Apa yang akan kamu sedihkan jika kamu tidak pernah berhasil melakukannya?
  • Ingat seperti apa rasanya menunda-nunda. Mungkin terasa menyenangkan untuk sesaat, tetapi kamu akan memiliki dua kali lebih banyak untuk dilakukan di waktu berikutnya. Pegang ingatan itu dan gunakan itu sebagai pencegah ketika penundaan menggoda kamu.
  • Selalu luangkan waktu untuk diri sendiri. Bekerja sendiri di tanah tidak akan memberi kamu medali. Kesehatan kamu lebih penting.

Angger Wicaksana
Founder and CEO at Akukatiga.com - Occupational Health and Safety Student at Universitas Sebelas Maret - linkedin.com/in/anggerwicaksana
Komentar