Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Ketika Sedang Sibuk

Berikut merupakan Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Ketika Sedang Sibuk. Untuk memahaminya simak ulasan lebih lanjut ya!
Angger Wicaksana
Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Ketika Sedang Sibuk

Baru jam 5 pagi saat saya mengumpulkan barang-barang saya untuk pergi ke gym. Saat saya berjalan menyusuri lorong, saya melihat lampu di kamar tidur putri saya Kinsey. Biasanya dia tidak bangun sepagi itu, jadi saya memutuskan untuk mengintip ke dalam untuk melihat apa yang sedang terjadi.

Saat saya membuka pintu, saya melihatnya duduk di tempat tidur dengan laptop terbuka dan pandangan bingung. wajahnya.

“Apa yang kamu lakukan?” Saya bertanya. "Saya melakukan beberapa menit terakhir belajar sebelum saya mengambil ujian farmakologi saya." "Kenapa kamu melakukannya sepagi ini?" saya bertanya.

“Saya harus menyelesaikannya sebelum saya pergi bekerja karena saya punya waktu seharian penuh, dan saya tidak ingin melakukannya nanti.”

Kinsey adalah seorang siswa yang hebat, dan dia bekerja penuh waktu dan bersekolah, jadi saya tidak ingin mempertanyakan tindakannya. Tetap saja, saat dia menjawab, itu memukul saya. Ini adalah salah satu cara dia menjaga motivasinya untuk belajar ketika dia terlalu sibuk dengan pekerjaan.

Saya tidak ingin mengganggunya lebih jauh, jadi saya perlahan menutup pintu dan melanjutkan perjalanan, merenungkan pertanyaannya. saya sendiri, “bagaimana seseorang mempertahankan motivasinya untuk belajar ketika mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan?”

Motivasi adalah topik menarik yang telah dipelajari oleh psikolog, sosiolog, dan ilmuwan dari semua jenis selama beberapa dekade. Buku dan artikel yang tak terhitung jumlahnya telah ditulis tentang masalah ini dan terus bermunculan setiap tahun. Tapi apa yang memotivasi kita dalam situasi tertentu? Bagaimana kita bisa tetap termotivasi ketika kita memiliki begitu banyak hal lain di pikiran kita seperti pekerjaan?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, pertama-tama kita perlu memahami motivasi itu sendiri. Lebih khusus, dua jenis motivasi: intrinsik dan ekstrinsik.

Motivasi intrinsik adalah insentif untuk terlibat dalam aktivitas tertentu yang berasal dari kesenangan dalam aktivitas itu sendiri daripada karena manfaat eksternal yang mungkin diperoleh . Kedengarannya seperti, “Saya akan bekerja keras untuk mendapatkan promosi itu sehingga saya bisa lebih puas di tempat kerja.”

Di sisi lain, motivasi ekstrinsik adalah insentif eksternal untuk terlibat dalam aktivitas tertentu. , terutama motivasi yang timbul dari harapan hukuman atau penghargaan. Kedengarannya seperti, “Saya benar-benar ingin promosi di tempat kerja itu menghasilkan lebih banyak uang.”

Bagaimana kita termotivasi benar-benar bergantung pada apakah motivasi itu datang dari dalam diri kita atau dari luar diri kita. Kita semua cenderung lebih condong ke satu hal daripada yang lain, tetapi ini bisa bergantung pada situasi tertentu.

Mari kita lihat fakta dari situasi spesifik dalam contoh saya dan uraikan untuk memahaminya lebih lanjut.

Kinsey bekerja dan pergi ke sekolah seperti kebanyakan mahasiswa.

Kinsey mengikuti ujian pagi-pagi sekali sebelum waktu bangunnya yang biasa.

Dia sedang mengerjakan ujian sebelum pergi bekerja.

Dia memiliki hari kerja yang sibuk di depan.

Dia mengakui bahwa dia tidak ingin melakukannya nanti.

Semua fakta di atas menunjuk pada individu yang termotivasi. Apa yang tidak mereka katakan secara spesifik adalah, apakah dia termotivasi secara intrinsik atau ekstrinsik? Saya akan condong ke intrinsik karena tampaknya tidak ada imbalan yang jelas.

Contoh ini memberikan beberapa petunjuk yang kurang jelas tentang cara-cara yang dapat membantu orang lain seperti Kamu. Saya telah mengumpulkan rahasia yang terinspirasi oleh petunjuk-petunjuk ini, bersama dengan beberapa kebijaksanaan tambahan yang saya pelajari selama ini untuk membantu Kamu mempertahankan motivasi Kamu untuk belajar.

Berikut adalah 11 tips tentang cara memotivasi diri Kamu untuk belajar. belajar bahkan ketika Kamu terlalu sibuk dengan pekerjaan.

Miliki Pola Pikir yang Hebat

Semuanya dimulai dari sini, dan pola pikir positif bisa sangat membantu. Percaya bahwa Kamu akan mencapai tujuan Kamu, dan fokus pada hal-hal baik yang telah Kamu lakukan. Studi menunjukkan bahwa bersikap optimis mengarah pada penyelesaian lebih banyak dan memiliki kesejahteraan mental dan fisik yang lebih baik secara keseluruhan.

Visualisasikan Kesuksesan

Setelah pola pikir Kamu tertata, maka langkah selanjutnya adalah memvisualisasikan kesuksesan Kamu. Mulailah dengan visi yang jelas tentang apa yang ingin Kamu capai dan kemudian rasakan perasaan memiliki kesuksesan itu. Misalnya, jika Kamu ingin mendapatkan nilai A dalam ujian, uraikan langkah-langkah mempelajari materi untuk memastikan keberhasilan.

Pecahkan Tujuan Kamu Menjadi Tugas Kecil yang Dapat Dicapai

Terkadang, sebuah tujuan bisa terasa terlalu besar, seperti lulus kuliah dengan nilai A langsung. Pikirkan tujuan yang Kamu miliki dan bagi menjadi langkah-langkah sederhana yang dapat dicapai.

Misalnya, jika Kamu ingin mendapatkan nilai A dalam ujian, mulailah dengan mengumpulkan sumber daya yang tepat untuk belajar, dan kemudian melangkah lebih jauh untuk mengidentifikasi apa yang Kamu butuhkan dari setiap sumber daya. Setelah Kamu menelusuri cukup jauh, semuanya dapat dicapai.

Hadiahi diri Kamu sendiri

Hadiah membantu Kamu tetap termotivasi selama mereka sehat. Setelah Kamu menetapkan tujuan, tetapkan hadiah kecil untuk mencapainya. Baik itu makanan yang dapat dimakan yang Kamu sukai atau sesuatu yang lebih besar seperti pijatan, jenis motivator eksternal ini dapat membantu mempertahankan motivasi Kamu dan mendorong Kamu lebih dekat ke tujuan yang lebih besar.

Pomodoro untuk Menang

Teknik Pomodoro adalah sistem manajemen waktu yang mendorong Kamu untuk bekerja dengan waktu yang Kamu miliki, bukan melawannya. istirahat untuk Waktu Kamu harus belajar menjadi 25 menit yang dipisahkan oleh istirahat 5 menit. Setiap interval atau Pomodoro membantu Kamu menahan gangguan dan melatih otak Kamu untuk fokus. Kamu akan menemukan bahwa rasa urgensi yang diciptakannya adalah motivator yang luar biasa.

Ukur Kemajuan

Begitu Kamu mulai mencapai tujuan dan memiliki Pomodoro yang sukses, Kamu perlu mengukur semuanya. Jika Kamu tidak mengukur dan melaporkan kemajuan Kamu, maka Kamu mungkin tidak membuat banyak kemajuan sama sekali. Menurut Hukum Pearson, ketika kinerja diukur, itu meningkat; ketika kinerja diukur dan dilaporkan, kinerja meningkat secara eksponensial.

Jadikan Kompetisi

Kompetisi yang sehat bermanfaat untuk membuat Kamu terus bergerak, dan bagus untuk membangun motivasi Kamu untuk belajar. Kamu dapat bersaing secara positif dengan orang lain untuk saling mendorong agar berhasil. Jika Kamu tidak memiliki orang lain, buatlah kompetisi dengan diri Kamu sendiri.

Misalnya, lihat berapa banyak Pomodoro yang dapat Kamu lakukan tanpa merusak fokus dan melihat ponsel Kamu. Terus dorong standar lebih tinggi, dan Kamu akan berusaha keras untuk mencapainya.

Temukan Mentor

Cara lain bagi Kamu untuk membangun dan mempertahankan motivasi belajar adalah dengan mencari mentor. Memiliki seorang mentor adalah cara yang bagus untuk memotivasi dan terhubung dengan seseorang yang Kamu kagumi atau seseorang di bidang yang Kamu pelajari. Memiliki seorang mentor memberikan manfaat ganda karena mereka dapat memberikan bantuan dan dorongan kepada Kamu di jalan menuju kesuksesan.

Dapatkan Sobat Akuntabilitas

Meskipun terkadang ini adalah peran seorang mentor, Kamu juga dapat menemukan orang lain mempelajari hal yang sama seperti Kamu sebagai teman atau mitra akuntabilitas Kamu. Dengan Kamu berdua berfokus pada hasil yang sama, Kamu dapat berbagi ide yang mungkin tidak terpikirkan oleh Kamu dan memahami sudut pandang teman Kamu.

Penelitian menunjukkan bahwa secara terbuka menyatakan tujuan Kamu kepada seseorang memberi Kamu setidaknya 65% kesempatan untuk menyelesaikannya. Memiliki mitra akuntabilitas tertentu meningkatkan peluang Kamu untuk berhasil hingga 95%.

Temukan Waktu "Kamu"

Ada kalimat lucu dari film lama, Fast Times di Ridgemont High, di mana seorang siswa mengganggu kelas, dan guru menyuruhnya untuk berhenti mengganggu kelas dan melakukan apa yang dia lakukan waktunya sendiri. Siswa menjawab, “Saya di sini, Kamu di sini, bukankah itu membuat waktu kita?”

Apakah Kamu belajar dengan kelompok atau solo, Kamu masih perlu mencari waktu yang bekerja paling baik untuk kebutuhan dan otak Kamu. Bagi sebagian orang, ini adalah hal pertama di pagi hari, tetapi bagi yang lain, itu setelah bekerja ketika mereka telah melakukan dekompresi. Dengan mengukur kesuksesan dan efisiensi Pomodoro Kamu, Kamu dapat mengidentifikasi waktu yang optimal untuk Kamu.

Bergerak

Meluangkan waktu untuk bergerak sangat penting untuk mencapai tujuan Kamu. Tidak masalah jika Kamu belajar di meja, di tempat tidur, atau di lantai, Kamu tetap harus bergerak. Beristirahatlah selama lima menit setelah setiap Pomodoro yang berhasil untuk berdiri, meregangkan, dan menggerakkan kaki Kamu. Peningkatan aliran darah ini akan membantu Kamu tetap terjaga dan mendapatkan oksigen ke otak Kamu.

Setelah Kamu menyelesaikan empat sesi berturut-turut, saatnya untuk istirahat yang lebih lama selama 15 hingga 20 menit. Istirahat ini adalah waktu yang optimal untuk mendapatkan udara segar dan olahraga singkat di luar. Waktu yang singkat ini akan membuat perbedaan yang signifikan dalam tingkat motivasi Kamu.

Kesimpulan Akhir

Tips mana pun di atas dapat membantu membangun dan mempertahankan motivasi saat dimasukkan ke dalam tindakan. Temukan yang cocok untuk Kamu dan biasakan. Setelah ini selesai, Kamu tidak memerlukan tingkat motivasi eksternal karena Kamu akan diprogram secara internal untuk sukses.

Saya ingin berpikir bahwa saya telah membesarkan Kinsey dengan beberapa pemrograman internal yang baik dan nilainya menunjukkan itu juga. Ketika dia pulang kerja sekitar jam 7 malam, dia datang ke kantor saya dan bertanya apakah dia bisa menggunakannya sebentar.

Saya berkata, “Tentu, apa yang perlu Kamu lakukan?” "Ikuti ujian farmakologi saya." "Kupikir kau mengambilnya pagi ini." “Aku mau, tapi waktu pembukaannya salah pada ujian, jadi itu tidak buka sampai siang hari ini, bukan tengah malam.”

“Oh, aku mengerti sekarang. Tentu, biarkan saya keluar, jadi Kamu memiliki kedamaian dan ketenangan.”

Saya menutup pintu dan meninggalkannya dalam ketenangan gua saya, karena tahu dia akan mendapat nilai bagus dalam ujiannya. Saya akhirnya benar tentang nilainya tetapi tidak tentang sumber motivasinya untuk belajar pagi itu.

Ketika dia keluar dari kantor sekitar 30 menit kemudian, dia dengan cepat menyalakan TV. Semuanya bermuara pada kenyataan bahwa dia tidak ingin melewatkan akhir musim The Batchelor. Saya rasa itu lebih ekstrinsik daripada yang saya kira. 

Angger Wicaksana
Founder and CEO at Akukatiga.com - Occupational Health and Safety Student at Universitas Sebelas Maret - linkedin.com/in/anggerwicaksana
Komentar